Minggu, 16 Juni 2013

7 Cara Menghindari dan Menjaga Perut Agar Tidak Buncit

Yang lagi makan siang di siang hari ini, selamat menikmati menu makannya. Bicara tentang makan, pasti tidak akan lari dari yang namanya perut, ...semua makanan yang kita makan akan masuk kedalam perut, maka yang akan saya sharing kali ini adalah hal yang berkaitan dengan perut kita.


Mari kita simak, inilah 7 cara ampuh menjaga perut agar tidak buncit.

1. Minum air putih yang banyak.

Apabila tubuh kita menerima sumber air yang banyak, maka akan mencairkan jumlah sodium dalam tubuh sehingga jumlah air yang keluar dari tubuh (air seni) juga meningkat. Mengkonsumsi air yang banyak juga akan menjamin fungsi empedu bekerja lebih baik dan efektif sehingga proses pembuangan air berjalan dengan lancar.

2. Makan dengan tenang.

Ketika kita memakan makanan, kita tidak dibolehkan untuk makan dengan tergesa-gesa kerana udara akan tertahan di dalam usus dan selanjutnya menghasilkan gas yang akan membuat perut menjadi buncit. Makanan yang tidak dikunyah hingga halus dapat menyebabkan sulitnya dicerna dengan sempurna yang seterusnya menyebabkan perut buncit terbentuk.

3. Konsumsi garam secukupnya.

Penelitian menyebutkan bahwa terlalu banyak garam dalam proses diet akan menambah ekstrak sodium terhadap cairan dalam tubuh dan melambatkan mekanisme proses pengeluaran air dari sel tubuh. Akibatnya, perut akan menjadi buncit dengan gas-gas yang terbentuk.

4. Konsumsi makanan yang mengandung serat.

Serat adalah elemen yang penting dalam menu makanan sehari-hari. Untuk mengimbangi jumlah air dalam tubuh, disarankan memakan sayuran hijau dan buah-buahan seperti buah apel dan buah pir karena buah tersebut dapat membantu proses pengimbangan.

5. Konsumsi obat yang berlebihan

Salah satu hasil penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa konsumsi berbagai jenis obat-obatan menjadi salah satu alasan perut menjadi buncit. Sebagai contoh, obat Aspirin yang terlalu sering di minum akan menyebabkan timbulnya penyakit lain seperti sembelit.

6. Hindari sembelit.

Sembelit terjadi apabila seseorang mengalami masalah dalam pembuangan dan hanya buang air besar kurang dari tiga kali seminggu, padahal normalnya setiap orang BAB minimal satu kali. Akibat dari penyakit ini, perut akan menampung gas-gas yang berlebihan dan merangsang isi perut untuk menghasilkan lemak-lemak yang dapat menyebabkan kembung dan buncit. Oleh karena itu, makan makanan berserat sangatlah dianjurkan.

7. Lakukanlah senam atau sedikit berolahraga.

Olahraga sebanyak tiga kali seminggu dapat membantu meningkatkan kadar metabolisme dalam tubuh yang bagus untuk membantu pembakaran lemak. Berolahraga akan membantu mencerna cairan berlebihan dalam perut sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh sebagai keringat. Olahraga yang teratur atau senam dapat juga membentuk tubuh seseorang sesuai dengan ketinggian dan berat badan yang ideal.

Diposkan oleh : Hendra Hwang

0 komentar:

Posting Komentar