Rabu, 19 Juni 2013

REVIEW: Sony Xperia Z

Awal tahun ini, pada ajang Consumer Electrinic Show (CES) di Las Vegas, AS, Sony memperkenalkan smartphone jagoan terbarunya, Xperia Z. Begitu yakin, perusahaan teknologi asal Jepang itu menyebut ponsel ini sebagai super phone.

Bukan tanpa alasan, semua bagian dari ponsel cerdas ini merupakan wujud teknologi terbaik Sony. Dari segi pencitraan, Xperia Z dibekali kamera 13,1 MP dengan sensor Exmor RS. Lalu, layar ponsel, berteknologi Bravia Engine 2, sama kualitasnya dengan layar TV Bravia Engine yang tersohor dengan ketajaman gambarnya.

Spesifikasi yang wah tersebut juga masih dibekali kemampuan lain, yakni anti air dan anti debu. Sedangkan, untuk menopang performa, Sony mempersenjatainya dengan prosesor quad core 1.5GHz Snapdragon S4 dan RAM 2 GB.

Dengan teknologi terbaiknya, Sony optimistis Xperia Z bakal memenangi kompetisi ponsel pintar pada kategori premium di Indonesia. Mari kita simak, sejauh mana kemampuan super phone besutan Sony seharga Rp7,5 juta ini? Berikut ulasan kami.

Desain

Xperia Z hadir dengan konsep smartphone cerdas tapi minimalis. Berbentuk persegi termasuk bagian sudut, ketipisan 0,8 cm dan memanfaatkan lebar layar 5 inci.

Kesan premium ditandai layar depan yang mulus, tak ada tombol fisik di bagian layar, hanya menyisakan dua ear speaker di bagian tengah atas dan bawah, serta kamera depan di kiri atas, tetap mulus. Saat layar dalam posisi mati, bisa digunakan untuk sekadar bercermin.

Ruang sisi smartphone dimaksimalkan untuk menampung tombol dan port. Semua port dan tombol dibuat rapi dan rapat, mencegah air atau debu masuk ke dalam.

Tombol Power terletak di sisi kanan perangkat. Posisi ini punya keuntungannya, pengguna dapat mengoperasikan ponsel cukup dengan satu tangan.

Menemani tombol Power, sisi kanan terdapat tombol pengaturan volume, speaker di sisi kiri bawah serta slot micro SIM, di samping tombol Power.

Audio jack 3,5 mm diposisikan di sudut kanan atas. Sementara sisi kiri terdapat port pengisi daya, micro SD serta docking charger.

Model desain cukup mantap dalam genggaman. Tapi, ukuran 5 inci, terasa terlalu besar ketika pertama kali memegangnya. Untuk yang bertangan kecil, bisa saja repot untuk mengendalikannya.

Bagian belakang, juga mulus, hanya ada kamera 13,1 MP, LED flash yang persis di bawah kamera, tombol NFC, dan tulisan Xperia.

Ketahanan
Xperia Z sudah memiliki sertifikat IP 55 (anti air) dan IP 57 (anti debu). Memang terbukti. Kami sudah mengujinya.

Saat diajak menyelam sebentar di kolam renang, Xperia Z tetap tangguh. Memotret dalam kedalaman air pun tak masalah, tentu dengan teknik tersendiri. Ketika direndam, semuanya tetap berfungsi. Speaker tetap nyaring, layar sentuh tetap lembut. Air juga cepat surut.

Tapi, perlu dicatat, bahwa smartphone ini bukan direkomendasikan untuk dibawa ketika berenang. Karena fitur anti air Xperia Z adalah untuk menghadapi kondisi basah, misalnya hujan atau nyemplung.

Soal fitur anti debu juga terbukti. Kala debu menempel pada bodi perangkat, dengan mudah dapat dihilangkan, tanpa membekas.
Hanya saja, karena material terbuat dari kaca, jejak jari tangan di sana sini masih membekas, dan pengguna perlu erat menggegam. Tapi, ini tidak masalah sama sekali.

Layar dan Antarmuka
Pilihan layar Mobile BRAVIA Engine 2 dengan 1920x1080 piksel atau 442 piksel per inci (ppi), memastikan kualitas gambar tajam dan bersih. Dengan lebar layar 5 inci, hasil video HD atau foto sungguh memanjakan mata pengguna.

Untuk melihat bagaimana perbedaaan layar dengan Mobile BRAVIA Engine 2, dalam pengaturan layar, pengguna bisa menonaktifkan dan melihat hasilnya. Ketajaman dapat diatur sesuai keinginan pengguna dengan menonaktifkan fitur Bravia Engine.

Soal antarmuka Android Jelly Bean, ada enam tampilan Home screen dengan pilihan widget favorit pengguna. Antarmuka ini juga memungkinkan multitasking sesuai kebutuhan. Misalnya recorder, note, timer. Untuk menambah aplikasi, pengguna bisa mengunduhnya via Play Store.

Kamera
Dengan kamera 13,1 MP bersensor Exmor RS, pengguna bisa mengambil foto ataupun video favorit dengan kualitas bening dan bersih.

Terdapat beberapa pengaturan kamera. Mulai dari mode normal, burst, sweet panorama, scene selection. Jika pengaturan yang tak terlalu repot pengguna bisa menggunakan Superior auto. Sementara untuk pengaturan gambar yang lebih lengkap, pengguna bisa memanfaatkan mode scene selection.

Fitur
Terdapat fitur pengaturan manajemen daya. Ini sangat membantu efisiensi aplikasi atau penggunaan data yang tak perlu. Jika ingin lebih awet, pilih mode Stamina, yang menon-aktifkan data saat layar mati.

Atau, juga pilih mode Low Battery dan Wi-Fi berbasis lokasi, yang membantu menghemat daya baterai. Dalam fitur ini, pengguna dapat memantau penggunaan data. Dengan adanya manajemen ini, kualitas penggunaan data pengguna semakin baik.

Dan, jangan anggap pengaturan ini enteng. Ada temuan kami yang perlu jadi perhatian. Saat asyik mencoba Xperia Z ini, baterai cepat panas dan sempat membuat error kamera. Notifikasi muncul, tiba-tiba kamera tidak bisa digunakan.
Bisa jadi ini karena penggunaan aplikasi yang terlalu banyak, bikin sesak memori, sehingga menguras daya baterai.

Akhirnya, kami diamkan untuk menunggu baterai adem lagi. Pengalaman kami butuh waktu kisaran 15 menit, agar baterai normal kembali dan kamera berfungsi normal.

Fitur lain yang bisa dimanfaatkan pengguna yaitu note, record sambil browsing atau memotret objek.

Kinerja
Hasil uji Quadrant Benchmark, Xperia Z unggul jauh dari HTC One X, Asus Transformer Prime, Motorola ATRIX 4G, Samsung Galaxy Tab 10.1, Samsung Galaxy Nexus, LG Optimus 2X, HTC Desire HD.

Super phone Sony ini bertengger di peringkat pertama dengan skor total 6899 dengan rincian CPU 17761, Memory 8353, I/O 6253, 2D 333, dan 3D 1795.

Sebagai perbandingan, uji benchmark Antutu meraih skor total 12188, dengan rincian CPU 4906, RAM 1611, GPU 4874, I/O 797.

Dalam kapasitas baterai 2330 mAh, untuk penggunaan keadaan normal, ponsel dapat bertahan mencapai lebih dari 15 jam. Jika memaksimalkan fitur manajemen daya dengan baik, tentu daya baterai jauh lebih hemat.

Multimedia
Xperia Z lengkap dengan kebutuhan multimedia anda. Selain kamera dan kemampuan video yang bersih dan tajam, Sony memfasilitasi radio FM, aplikasi bawaan Walkman. Untuk audio walkman sendiri, output suara yang muncul nyaring.

Sementara pengalaman suara pada radio FM lebih nyaman dengan mode headset. Tapi, jika ingin mengeluarkan suara via loudspeaker, pengguna harus memaksimalkan volume agar mendapatkan suara yang nyaring.
Konektivitas
Menikmati layanan data cukup nyaman baik dengan 3G maupun koneksi Wi-Fi. Pengaturan juga cukup mudah dan tidak merepotkan, seperti Android pada umumnya.

Saat menjajal kemampuan Internet Wi-Fi di kantor VIVAnews, dan berbagai titik hotspot, cepat dan stabil. Ingat, kecepatan akses juga mempertimbangkan kualitas jaringan Wi-Fi yang ada.
Sedangkan, jika mengakses data menggunakan data mobile, itu juga tergantung dari jaringan operator yang dipilih pengguna.

Pengguna juga dapat menggunakan ponsel ini sebagai hotspot. Cukup mudah, tinggal memanfaatkan mode Wi-Fi tethering. Perangkat di sekitar pengguna dapat mengakses data.
Bicara tampilan laman Website pada ponsel ini tampil penuh. Dapat diperbesar dan diperkecil, sesuai tampilan asli dekstop maupun tampilan mobile.
Kelebihan
Kekurangan
- Kualitas layar jernih dan tajam
- Layar besar
- Tahan air dan debu
- Akses cepat dan mulus

- Desain kaca, tinggalkan jejak sidik jari
- Baterai cepat panas
 
Spesifikasi
Jaringan      GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - C6602, C6603
HSDPA 850 / 900 / 2100 - C6603
HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100 - C6602
LTE 800 / 850 / 900 / 1800 / 2100 / 2600 - C6603
SIM
Micro-SIM
Dimensi
13,9 x 7 x 0,7 cm
Berat
146 gram
Sertifikat
IP55 (anti air) IP57 (anti debu)
Layar
TFT capacitive touchscreen, 5 inci, 441 ppi Bravia Engine 2
Konektivitas
Audio jack 3.5mm
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n,
Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot
Bluetooth v4.0 with A2DP
NFC   
USB, microUSB
Kamera
13.1 MP (belakang), 4128 x  3096 pixels, autofocus,LED flash
2,2 MP (depan), Video Recording 1080p@30fps
Memori
microSD, up to 64 GB, memori internal 16 GB, 2 GB RAM
OS
Android 4.1.2 (Jelly Bean)
Prosesor
Qualcomm MDM9215M/APQ8064
CPU
Quad-core 1.5 GHz Krait
GPU (grafis)
Adreno 320
Multimedia
Radio Stereo FM
Baterai
Li-Ion 2330 mAh

0 komentar:

Posting Komentar